0877-8168-2509 info@tarbiyahqalbu.org

WAKAF QUR’AN

Al Qur’an merupakan mukzijat yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yang hingga kini masih ada. Al Qur’an memiliki keutamaan bagi pembacanya juga bagi pewakaf al Qur’an.

Oleh karena itu, YAYASAN TARBIYAH QALBU INDONESIA ingin mengedukasi umat untuk berwakaf Al Qur’an lewat PROGRAM WAKAF AL QUR’AN yang akan di salurkan kepada umat Islam yang membutuhkan.

Dengan Rp150.000,- per 1 Mushaf, Anda sudah menyedekahkan Al-Qur’an untuk rumah tahfiz, Majelis Taklim, masjid dan mushola, atau pesantren-pesantren yang membutuhkan.

Pahala dan keberkahan dari wakaf Al Qur’an pahalanya tanpa putus meskipun pewakafnya telah meninggal dunia. Pahalanya juga bisa dikhususkan untuk almarhum /almarhumah keluarga tercinta yang terlebih dahulu di panggil Allah SWT.

Manfaat Wakaf Qur’an secara singkat dan jelas dalam Sabda Nabi:

Sedekah dapat memberi naungan di hari kiamat

Rasulullah SAW bersabda “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.” (HR. Ahmad)

Dari Uqbah bin Amir ia berkata: Aku mendengar Rasulullah bersabda: “Setiap individu berada dalam naungan sedekahnya sampai dia diadili di antara manusia.”

Nabi pernah menyebutkan bahwa tujuh hal yang akan menjadi payung yang menaungi pada hari kiamat antara lain seseorang yang bersedekah secara rahasia sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanannya. (HR. Bukhari Muslim)

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484)

Demikian banyak manfaat sedekah untuk hidup kita, semoga kita dipermudah untuk mengeluarkan sedekah.

Sedekah dapat menambah rejeki

Rasulullah SAW pernah bersabda “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. Al-Baihaqi)

Dalam salah satu hadits Qudsi, Allah berfirman: “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” (H.R. Muslim)

Dalam hadits lain yang dinarasikan oleh Abu Hurairah r.a., Nabi SAW pernah bersabda: “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun, sala satunya berkata: “Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq.” Sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata: “Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya).” (H.R. Bukhari – Muslim)

Sedekah dapat memberi ketenangan hati

Jika sahabat merasa hati tidak tenang, risau dan gelisah, ada baiknya sahabat bersedekah, insyaa Allah akan membuat hati lebih tenang dan damai. Siapa yang lebih bahagia? Orang yang menerima sedekah, atau justru yang memberi sedekah?

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Public Health pada 2013, ditemukan bahwa orang yang membantu orang lain dapat lebih terlindungi dari dampak negatif stres.

Selain itu, dalam bukunya, Allan Luks Dengan memberikan bantuan secara sukarela akan meningkatkan produksi hormon endorfin, hal itu baik untuk kesehatan jiwa kita. Penelitian yang dilakukan Allan Luks ini melibatkan 3000 sukarelawan, dan 90%-nya merasakan betul manfaat berbagi dengan orang lain.

Sedekah dapat menolak bencana

Sering kali cobaan melanda diri Anda, dengan tidak tahu apa penyebabnya. Kadang kala berpikiran negative kepada Allah, kenapa bencana datang menerus kepadaku, rasanya Allah tidak menyayangi hambanya.

Jika sahabat merasa demikian, mungkin itu Allah mengingatkan agar kita lebih perhatian pada orang-orang di sekitar kita, mungkin ada yang sedang kekurangan, namun kita tidak memperdulikannya.

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan: “Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zhalim atau bahkan orang kafir, karena Allah SWT akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantara sedekah tersebut…”

Hadits lainnya, “Bersegeralah bersedekah! Sebab, musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Sedekah adalah Investasi akhirat terbaik

Sahabat, setiap kebaikan dan juga keburukan yang kita lakukan di dunia ini akan di hisab di akhirat kelak. Adakah Anda pernah sesekali merenung tentang kematian Anda?

Dalam hal sedekah dan kematian Allah berfirman:

“Wahai Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda [kematian]ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah…” (QS. Al Munafiqun: 10)

Ulama menyebutkan, tidaklah seorang mayit menyebutkan “sedekah” kecuali karena dia melihat besarnya pahala dan imbas baiknya setelah dia meninggal…

Itulah penting kenapa bagi kita untuk bersedekah, terutama bersedekah Qur’an untuk para tahfiz. Selain nilai sedekahnya yang begitu besar, Anda juga akan memperoleh pahala dan do’a dari para tahfiz yang terus mengalir meski Anda telah meninggalkan dunia.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631) .

Rp

Wakaf 1 Buah Qur'an

Personal Info

Silahkan lakukan donasi ke rekening resmi Tarbiyahqalbu.org :

  1. BRI 42201000539302 An. Yayasan Tarbiyah Qalbu Indonesia
  2. MANDIRI SYARIAH 7136915449 An. Yayasan Tarbiyah Qalbu Indonesia

Lakukan konfirmasi donasi melalui halaman kontak kami disini.

Terms

Donation Total: Rp150.000

Close Menu